Selasa, 23 Oktober 2018

Published Oktober 23, 2018 by with 0 comment

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Madu

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Madu

Mempunyai flek hitam di wajah tentu saja mengganggu penampilan dan membuat menjadi tidak percaya diri, khususnya mereka yang sangat-sangat memperhatikan penampilan. Selain jerawat, masalah kulit ini memang menjengkelkan. Terutama bagi kaum Hawa. Nggak heran, mereka rutin melakukan perawatan sebagai cara menghilangkan flek hitam. 

Dark spots atau flek hitam merupakan masalah kulit yang umum dialami para wanita yang mulai menua. Namun kaum wanita yang berusia muda juga bisa memiliki masalah flek hitam jika tidak merawat kesehatan kulit, terutama wajahnya. Kondisi yang dikenal juga dengan sebutan hyperpigmentation ini terjadi ketika kulit yang terpapar matahari mengalami peningkatan produksi sel melanosit dan menyebabkan penggelapan pada kulit.

Flek hitam umumnya muncul pada area tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah, lengan, dan kaki. Selain akibat sinar matahari, flek hitam juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, penuaan, kurang vitamin, hingga stres. Sebenarnya, flek hitam dapat dicegah dengan penggunaan sunscreen dan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Namun, untuk kamu yang terlanjur memilikinya, berikut ini liputan6.com ulas dari berbagai sumber cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan bahan alami dan mudah didapatkan yakni madu.

1. Madu murni

Menggunakan madu murni secara langsung tanpa dicampur bahan apapun merupakan cara menghilangkan flek hitam paling mudah untuk dilakukan. Caranya pemakaiannya adalah sebagai berikut, pertama cuci wajah menggunakan air hangat, kemudian oleskan madu secara merata keseluruh permukaan wajah.

Diamkan selama 15 sampai 20 menit hingga madu mengering, lalu bilas menggunakan air bersih dapat juga menggunakan air dingin untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka karena air hangat pada tahap awal. Keringkan wajah menggunakan tisu ataupun handuk dengan cara yang lembut. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap harinya.

2. Madu dan jeruk nipis

Jeruk nipis tinggi akan vit-C yang bagus untuk menetralisir bakteri pada kuli, dan madu sebagai pelembab alami, maka dari itu madu dan jeruk nipis akan menjadi perpaduan yang sangat bagus dalam perawatan wajah.  Penggunaan madu dan jeruk nipis dapat mencerahkan wajah serta memudarkan dan menghilangkan flek hitam.

Cara menghilangkan flek hitam membandel dengan madu dan jeruk nipis adalah sebagai berikut. Pertama siapkan madu murni serta jeruk nipis, campur 2 sdm madu dan 1sdm air jeruk nipis, lalu aduk sampai merata. Kemudian, oleskan campuran madu + air jeruk nipis ke wajah secara perlahan dan merata, dengan menggunakan kapas. Langkah selanjutnya, biarkan hingga kering lebih kurang 15 - 20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Untuk hasil yang optimal lakukan perawatan tersebut secara rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

3. Madu dan gula

Cara menghilangkan flek hitam selanjutnnya adalah dengan menggunakan madu dan gula. Campuran antara madu dan gula lebih dikenal dengan sebutan scrub madu ini selain dapat memudarkan dan menghilangkan flek hitam juga mampu untuk mengangkat kulit mati dari wajah sehingga wajah bisa terlihat lebih bersih dan tidak kusam lagi.

Cara membuat scrub madu ini cukup mudah, yaitu tuangkan 3 sdm madu dalam sebuah wadah bersih, lalu tambahkan 2 sdm gula dan aduk hingga tercampur rata. Aplikasikan pada wajah yang telah di cuci dengan air bersih sebelumnya. Usapkan secara merata dengan memberikan pijatan halus dan lembut pada wajah.

Lakukan perawatan menggunakan madu dan gula ini minimal 2 kali seminggu, selain dapat digunakan sebagai cara menghilanglan flek hitam di wajah, kamu juga dapat menggunakannya untuk merawat bagian tubuh lainnya.

4. Madu dan putih telur

Kandungan protein pada putih telur bermanfaat bagi kulit dalam membantu meregenerasi sel-sel baru, sehingga campuran antara madu dan putih telur juga dapat dijadikan pilihan cara menghilangkan flek hitam membandel pada wajah.

Cara menghilangkan flek hitam secara alami adalah sebagai berikut. Pertama siapkan madu murni dan putih telur. Kemudian campur 2 sdm madu dengan putih telur, aduk hingga tercampur merata. Sebelumnya, bersihkan wajah dengan air hangat. Kemudian, oleskan campuran madu + putih telur ke wajah secara perlahan dan merata, disertai dengan pijatan lembut. Tunggulah hingga mengering lalu bilas dengan air bersih. 

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan perawatan menggunakan madu dan putih telur ini sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Tips mencegah flek hitam datang kembali

1. Jangan lupa pakai sunscreen 

Sunscreen berguna untuk mencegah flek hitam menjadi lebih gelap lagi dan juga melindungi kulit sensitif karena pemakaian hydroquinone. Pastikan kamu menggunakan sunscreen minimal mengandung SPF 30 ketika keluar rumah.

2. Konsumsi vitamin C 

Vitamin C mengandung antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas penyebab berbagai kerusakan kulit, termasuk flek hitam. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan jumlah glutathione dan vitamin E dalam tubuh. Kedua zat ini juga dikenal sebagai antioksidan. Glutathione membantu kulit memproduksi pheomelanin, bukannya eumelanin, sehingga hasilnya kulitmu akan menjadi lebih cerah.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar